Analisa Pasar Dan Pesaing
1.Analisa PasarAnalisa pasar adalah suatu analisa untuk melihat apa saja masalah yang ada didalam pasar.Mulai dari lokasi pasar , harga dalam pasar , karakteristik pasar dan juga daya tarikpembeli yang ada didalam pasar tersebut. Hal ini sangat penting bagi parawirausahawan/wati yang ingin membuat sebuah perusahaan mereka sendiri. Karenadengan menganalisa pasar ini kita bisa memperbesar peluang kita dan kita lebihmempersiapkan dengan matang untuk masalah kedepannya jadi kita tidak perlu kaget lagimelihat keadaan pasarnya ketika kita baru memulai usaha. Perekrutan karyawan jugamerupakah hal yang ada didalam analisa pasar karena jika kita memilih orang yang sesuaidengan kemampuannya juga menambahkan nilai plus didalam perusahaan yang kita buat.Untuk menganalisa isu isu internal dan juga eksternal metode SWOT (Strength , Weakness , Opportunities , Threats) sangat cocok untuk dipakai.
Internal :
· Strength (Kekuatan) : Orang yang akan memulai bisnis harus mengatahuiseberapa besar kemampuan yang ada diperusahannya seperti fasilitas yang dimilikidan sumber daya manusia untuk menghadapi pasar supaya tidak salah langkahketika menginjakkan kakinya kedalam persaingan pasar.
· Weakness (Kelemahan) : Orang yang akan memulai bisnis juga harus mengetahuikelemahan-kelemahan yang ada didalam perusahaan dan juga kita sebisa mungkinuntuk memperbaiki kelemahan-kelemahan yang ada
Eksternal.
· Opportunities (Peluang) : Kita juga harus bisa pintar-pintar melihat peluang untukmemperbesar potensi yang ada didalam perusahaan.
· Threats (Ancaman) : Selain melihat peluang , melihat ancaman-ancaman jugamerupakan factor penting untuk keberhasilan bisnis kita dipasar untuk menghindarihal-hal yang tak diinginkan nantinya.
2.Analisa Pesaing
Selain menganalisa pasar para pelaku bisinis juga harus bisa menganalisa para pesaingnyasehingga nanti dalam persaingan bisnis kita lebih siap menghadapinya. Pesaing adalahperusahaan yang mengeluarkan barang dan jasa yang mirip dengan barang dan jasa yangkita pasarkan. Karena itu menganalisa pesaing merupakan hal yang sangat pentingsehingga kita nantinya kita bisa mengungguli pesaing kita didalam persaingan pasar.Contoh dari persaingan adalah BukaLapak dan Tokopedia mereka sama-sama menawarkanjasa E-Commerce untuk memudahkan pengguna melakukan transaksi pembelian barangsecara online. Ada beberapa hal penting yang harus kita ketahui dari para pesaing kitayaitu:
a.Barang dan Jasa yang mereka tawarkan.
b.Melihat berapa besar pasar yang mereka kuasai.
c.Menganalisa peluang dan ancaman yang di timbulkan pesaing.
d.Menganalisa keunggulan dan kelemahan yang dimiliki pesaing kita.
Hal-hal kecil ini bisa memperbesar peluang bisnis kita didalam pasar dan jugamenguntungkan posisi kita karena kita sudah lebih siap menghadapi para pesaing bisnisdimasa yang akan datang.
Dilihat dari produk yang ditawarkan , pesaing bisa dibagi menjadi 2 bagian yaitu :
1.Pesaing Jauh : Pesaing yang mengeluarkan produk yang mirip dengan kita.
2.Pesaing Dekat : Pesaing yang mengeluarkan produk yang sama dengan kita.
Selain itu bentuk persaingan dibagi menjadi 4 tingkatan yaitu :
1.Persaingan Merek : Persaingan yang dilakukan jika memiliki merek yang sama.
2.Persaingan Industri : Persaingan yang dilakukan didalam satu industry yang sama.
3.Persaingan Bentuk : Persaingan yang dilakukan jika memiliki bentuk produk yang sama.
4.Persaingan Generik : Persaingan umum yang mencakup semua
Sekian pembahasan kali ini factor-faktor diatas sangat penting jika kita ingin memulaisuatu usaha.untuk meningkatkan keberhasilan bisnis kita nantinya dalam menghadapipersaingan bisnis di pasar nantinya.
Sumber :
-http://www.academia.edu/24292909/ANALISIS_PASAR_DAN_STRATEGI_PEMASARAN
- http://indraputrabintan.blogspot.co.id/2013/03/analisis-situasi-pasar-dan-analisis.html#.WfCptVuCzIU
- http://tulisanterkini.com/artikel/artikel-ilmiah/9296-analisa-situasi-pasar-persaingan.html
- https://imamurza.wordpress.com/2015/11/03/analisa-situasi-pasar-dan-pesaing/
Anggota Kelompok :
1.Ahmad Zulfikar (update-asik.blogspot.com)
2.Muhammad Hasbi A. (dkakap.blogspot.com)
3.Eka Leonard (leonards.blogspot.com)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar