1. Ringkasan Eksekutif
PT. Flashdishku adalah sebuah perusahaan yang bergerak di
bidang produksi barang elektronik untuk penyimpanan data dalam ukuran yang
kecil atau biasa disebut flashdisk dengan merek dagang Flashdisku. Flashdisk
merek flashdisku dibuat untuk menyegarkan pasar flashdisk, yang dominan
berbentuk standar, membosankan, serta mudah hilang. Flashdisk blabla dibuat
dengan model yang unik dan menarik, sehingga bisa dengan mudah menarik minat
pembeli, dengan harga yang cukup bersaing.
Flashdisk merek flashdisku dibuat dengan mengikuti tren
perkembangan zaman sehingga bisa menghasilkan produk yang unik. Selain itu
customer bisa mendesain sendiri flashdisk yang diinginkan dan kami akan
membuatkannya. Target pemasaran dari produk kami adalah pengguna yang melek
teknologi dan mengikuti perkembangan zaman, dengan berbagai jenjang umur.
Dengan menggunakan mesin 3D Printer yang berteknologi
canggih, kami dapat memastikan produk yang dihasilkan berkualitas tinggi, harga
yang bersaing, serta mutu yang terjamin. Strategi pemasaran yang akan kami
lakukan menggunakan 2 metode, yaitu penjualan offline dan online. Untuk online,
customer dapat memesan produk atau mengirimkan desain ke situs kami yang
beralamat di www.flashdisku.co.id. Sedangkan untuk offline, customer dapat
langsung mengunjungi toko utama kami yang berada di Depok Town Square Lt 2 Blok
SS1 No 5-6. Proses pengerjaan untuk desain custom bisa berkisar 7-14 hari
tergantung penuh atau tidaknya antrian pembuatan di pabrik. Pabrik dan gudang
kami berlokasi di Jalan Raya Bogor KM 43 RT02/11 Cibinong.
Untuk mengusung produk yang kami tawarkan, berikut visi misi
serta tujuan dari perusahaan yang kami buat untuk memenuhi kepuasan customer.
*Visi
Menjadi flashdisk nomor 1 di Indonesia dengan bentuk yang
unik dan menarik.
*Misi
-Menggunakan mesin 3D Printer yang berteknologi canggih
untuk menjamin bentuk produk yang baik.
-Menyediakan outlet offline dan situs online yang mumpuni
guna melayani customer.
*Tujuan
Menyediakan flashdisk yang unik dan menarik, yang memiliki
desain yang mengikuti perkembangan zaman, serta dengan build quality yang terjamin
mutunya.
Berikut susunan anggota tim manajemen PT. blabla:
Ahmad Zulfikar sebagai Manager of Warehouse & Production
Eka Leonard Sianipar sebagai Manager of Strategy &
Accounting
Febryanto Budiman sebagai Chief Executive Officer
Muhammad Hasbi Asshodhiqi sebagai Manager of Costumer
Relation
Muhammad Risfahuddin sebagai Manager of Sales &
Marketing
Natharia Penta Aryani sebagai Manager of Technology &
Innovation
2. Situasi saat ini
Selain lokasi pabrik dan gudang, serta 1 toko utama di
Depok, kami berencana untuk menambah lokasi toko cabang di masing-masing
wilayah terutama Jabodetabek.
Saat ini keberadaan flashdisk amat mempengaruhi dalam hal
perkembangan teknologi. Dapat dilihat dari permintaan konsumen dalam membeli
flashdisk berbagi ukuran penyimpanan. Faktor itu lah yang mendorong kami untuk
membuat flashdisk dalam berbagai bentuk pilihan. Pilihan bentuk tipe flashdisk
ini dapat dipesan sesuai keinginan konsumen. Kami dapat mengirimkan produk kami
ini ke seluruh wilayah Indonesia.
Dengan pemilihan bentuk flashdisk sesuai selera pembeli kami
yakin mampu bersaing dengan para produsen flashdisk lainnya, yang biasanya
hanya berbentuk polos. Dari segi pemilahan bahan kami juga sangat
memperhatikannya.
3. Analisa Pesaing dan Isu – isu yang dihadapi Perusahaan
Usaha flashdisk dalam berbagai bentuk ini tidak hanya
berguna bagi kalangan pelajar dan mahasiswa, tetapi orang kantoran pun dapat
membelinya. Kami membuat flashdisk berbagai bentuk agar pembeli tidak merasa
bosan dengan bentuk flashdisk yang ada saat ini.
Kami menyalurkan barang kami kebeberapa toko, tetapi para
konsumen tidak hanya bisa membeli melalui toko saja tetapi bisa melalu online
shop.
4.Tujuan Pemasaran
- Mempromosikan produk Flashdisk unik kepada masyakrakat
-Meningkatkan pendapatan pada perusahaan
-Meningkatkan target volume penjualan produk perusahaan
-Menghindari kelurgian dalam penjualan produk perusahaan
- Mempromosikan produk Flashdisk unik kepada masyakrakat
-Meningkatkan pendapatan pada perusahaan
-Meningkatkan target volume penjualan produk perusahaan
-Menghindari kelurgian dalam penjualan produk perusahaan
5. Strategi Pemasaran
· Produk
Untuk produk yang perusahaan kami tawarkan adalah flashdisk
yang berbeda dengan flashdisk pada umumnya, karena flashdisk kami mempunyai
beragam bentuk seperti kartu, gelang, pulpen, dan bentuk lainnya.
· Harga
Untuk harga dari produk yang kami sediakan ini bervariasi,
tergantung pada kapasitas flashdisk itu sendiri. Variasi dari bentuk flashdisk
tersebut tidak memengaruhi harga dari produk kami ini. Berikut daftar harga
dari produk kami berdasarkan besarnya kapasitas yang tersedia.
No.
|
Kapasitas
|
Harga
|
1.
|
4 GB
|
Rp 50.000,00
|
2.
|
8 GB
|
Rp 80.000,00
|
3.
|
16 GB
|
Rp 120.000,00
|
· Promosi
Selain promosi langsung yang dilakukan di outlet kami,
kegiatan promosi ini juga kami lakukan secara online, terutama melalui sosial
media Instagram. Jika costumer mempunyai pertanyaan lebih lanjut mengenai
produk kami, kami menyediakan Customer Service yang akan melayani pertanyaan
para customer melalui aplikasi Whatsapp. Kami juga memiliki website dengan
tampilan menarik sebagai bagian dari promosi dan untuk mempermudah proses
transaksi secara online.
Kami memilih sosial media Instagram sebagai media promosi
utama kami karena Instagram merupakan salah satu sosial media yang banyak
digunakan oleh masyarakat luas. Selain promosi melalui akun Instagram kami
sendiri, kami juga melakukan promosi melalui akun Instagram yang memiliki
banyak followers, sehingga orang lain bisa lebih mudah untuk melihat
produk-produk kami ini.
Website kami menggunakan teknologi e-commerce, sehingga
transaksi dapat dilakukan secara online yang dapat memudahkan costumer dalam
bertransaksi. Dalam website kami customer dapat memilih langsung bentuk
flashdisk yang diinginkan beserta berapa besar kapasitas yang dibutuhkan.
· Toko
Saat ini untuk toko offline kami memiliki satu toko yang
berlokasi di lantai 2 Margo City Mall, Jl. Raya Margonda Depok yang beroperasi
pada pukul 10.00 – 20.00. Namun untuk toko online yang tersedia seperti website
dan di sosial media, kami tetap beroperasi 24 jam.
6.Kegiatan pemasaran
-Bentuk kegiatan
Bentuk kegiatan pemasaran adalah melalui media social media dengan cara menyebarkan konten berupa Video-Komik yang mempromosikan priduk dengan cara softshell.
Bentuk kegiatan pemasaran adalah melalui media social media dengan cara menyebarkan konten berupa Video-Komik yang mempromosikan priduk dengan cara softshell.
-Waktu kegiatan
Waktu operasional adalah dari hari snein hingga jummat, mulai dari pukul 09:00 -23:00 . wakti pemasaran penyebaran konten dilakukan pada waktu prime time. Yaitu video pada pukul 12:00 dan komik pada 20:00.
Waktu operasional adalah dari hari snein hingga jummat, mulai dari pukul 09:00 -23:00 . wakti pemasaran penyebaran konten dilakukan pada waktu prime time. Yaitu video pada pukul 12:00 dan komik pada 20:00.
-Pelaksana kegiatan
Pelaksana kegiatan adalah Konten maker dari tim kami.
Pelaksana kegiatan adalah Konten maker dari tim kami.
7.Rencana Anggran
Untuk anggaran biaya untuk memajukan perusahaan yang kami
buat. Kami sudah berdiskusi tentang pemakaian dana-dana yang dipakai secara
efektif dan efisien. Untuk rinciannya bisa di lihat dibawah ini:
NO.
|
Alokasi Dana
|
Biaya (Rp.)
|
1
|
Endorsement Media Sosial
|
Rp.5.000.000
|
2
|
Pembuatan Website
|
Rp.2.000.000
|
3
|
Iklan di website-website
|
Rp.3.000.000
|
4
|
Pembuatan Toko Fisik
|
Rp.9.000.000
|
5.
|
Modal pembuatan barang
|
Rp.10.000.000
|
Total Biaya
|
Rp.29.000.000
|
8.Target Numerik
Untuk target pertama perusahaan kami , kami menargetkan laba
bersih sekitar 50% dari modal pembuatan barangnya. Karena kami yakin
dengan produk kami yang banyak diminati oleh konsumen dan juga dengan
memanfaatkan teknologi di bidang teknik informatika kami membuat website yang
bisa membuat konsumen membeli produk kami dimana saja melalui online. Selain
itu target utama kami adalah membuat perusahaan ini berjalan dengan lancar dan
memiliki keuntungan yang besar dan juga stabil.
9.Kriteria Pengukuran
Aspek yang menjadikan pengukuran untuk mengetahui apakah
dari strategi pemasaran yang kita lakukan berjalan dengan baik apa
tidak.adalah denga mengukur traffic dari pengunjung website.kita bisa
melihatnya dengan membaca pola berapa lama dia berada di dalam website.
Tolak ukur yang di ambil adalah
1.lebih dari 5menit > mencari ketertarikan
2.10menit > mencari kepercayaan
3.20menit > kepercayaan konsumen terhadap produk
1.lebih dari 5menit > mencari ketertarikan
2.10menit > mencari kepercayaan
3.20menit > kepercayaan konsumen terhadap produk
Aspek selanjutnya diukur berdasarkan statistik follower
viewers dari account instagram.
Anggota Kelompok:
1.Ahmad Zulfikar
2.Eka Leonard (http://eka-leonards.blogspot.co.id/)
1.Ahmad Zulfikar
2.Eka Leonard (http://eka-leonards.blogspot.co.id/)
3.Febrianton Budiman (http://febryanto-budiman.blogspot.co.id)
4.Muhammad Hasbih Assodhiqi (dkakap.blogspot.com)
5.Muhammad Risfahudin (http://weblog57414503.blogspot.co.id/)
6.Natharia Penta (http://nathariapenta.blogspot.co.id/)
4.Muhammad Hasbih Assodhiqi (dkakap.blogspot.com)
5.Muhammad Risfahudin (http://weblog57414503.blogspot.co.id/)
6.Natharia Penta (http://nathariapenta.blogspot.co.id/)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar