D_kakap Toy review ,just a simple review ^^ D Kakap ! Toy Review: Pengertian Reasearch Gate

Minggu, 01 Mei 2016

Pengertian Reasearch Gate

Pengertian
Saat ini perkembangan sosial media sangatlah pesat. Munculnya berbagai sosial media baru seperti facebook, twitter hingga instagram membuktikan bahwa peranan sosial media sangatlah berpengaruh bagi masyarakat. Masyarakat memanfaaatkan beberapa sosial media tersebut agar dapat saling terhubung dan berbagi antar sesama. Dari sosial media tersebut, kita mendapatkan berbagai informasi terbaru. Sosial media pun beragam bentuknya, mulai yang berbasis website hingga yang berbasis mobile.

Lalu apakah ada sosial media untuk para peneliti dan ilmuwan? Jawabannya tentu ada, salah satunya adalah situs ResearchGate ini. Sebenarnya apa itu ResearchGate? ResearchGate adalah sebuah situs web jejaring sosial gratis dan alat kolaborasi bagi para ilmuwan sains dari segala jenis disiplin sains. Situs ini menyediakan berbagai aplikasi web termasuk pencarian semantik (mencari seluruh abstrak), berbagi file, berbagi database publikasi, forum, diskusi metodologi, grup, dan berbagai aplikasi lainnya.

Menurut saya website ResearchGate ini  mirip dengan Facebook dan Twitter yang mana mempunyai halaman profil, komentar, kelompok, lowongan pekerjaan, dan tombol Like dan Follow. Para anggota dapat berbagi artikel, data, jurnal, paper, hingga hasil eksperimen yang gagal atau sukses, dengan tujuan untuk menghindari mengulangi kesalahan penelitian ilmiah.

Keuntungan
ResearchGate ini sangat membantu para ilmuwan dan peneliti untuk mengunggah dan mempublikasikan makalah yang telah diterbitkan. Para pengguna lainnya pun dapat membaca dan mengunduh makalah yang telah diterbitkan ini secara gratis. Maka tak heran semenjak peluncurannya (Mei 2008), ResearchGate telah digunakan oleh lebih dari 1,400,000 ilmuwan dari 196 negara.

Tidak hanya untuk peneliti dan ilmuwan, ResearchGate ini juga dapat dimanfaatkan oleh pelajar dan mahasiswa untuk mencari jurnal dan artikel dalam melakukan penelitian atau penulisan ilmiah.

Sistem Website
Untuk dapat mengakses situs ini kita  harus melakukan pendaftaran akun terlebih dahulu. Pendaftaran akun di ResearchGate ini harus menggunakan email dari institusi/kampus, jadi tidak bisa menggunakan akun email biasa.

Berikut tampilan awal ResearchGate


Saat melakukan pendaftaran, kita dapat memilih berbagai disiplin ilmu yang akan digunakan. Contohnya disini saya memilih Computer Science.


Setelah selesai melakuan pendaftaran, maka langkah terakhir kita harus melakukan konfirmasi pendaftaran melalui akun email institusi kita.

Research Gate ini memfasilitasi pada peneliti untuk melakukan penulisan jurnal internasional secara bersama. Jadi maksudnya penulis tidaklah harus satu orang, melainkan bisa berkelompok. Jika sebuah artikel dibuat oleh beberapa orang, maka pada setiap halaman profil penulis bisa saja terdapat publikasi artikel yang sama.

Contoh Akun
Berikut ini saya mengambil beberapa contoh dosen Universitas Gunadarma yang sudah mempunyai akun ResearchGate.

1.Bapak Eri Prasetyo Wibowo


Kebetulan beliau adalah dosen pengajar mata kuliah softskill saya. Dari tab “Overview” dapat kita menganalisis bahwa beliau sudah melakukan 30 publikasi dengan total pembaca lebih dari 1150 orang. Seperti halnya pada Twitter, kita juga dapat men “follow” setiap akun peneliti untuk mendapatkan pemberitahuan tentang publikasi artikel terbaru pada timeline akun kita.

Pada tab “Contributions” kita dapat melihat detail publikasi tersebut. Dari 30 publikasi terdapat 28 artikel dan 2 conference papper. Pada setiap publikasi, kita dapat melihat berapa banyak pembaca yang telah membaca artikel tersebut. Kita juga dapat men “folow” artikel serta memberi tanggapan berupa komentar pada setiap artikel. Pada bagian ini pula kita dapat mendownload setiap publikasi yang tersedia, dengan syarat sudah mempunyai akun ResearchGate.





1 komentar:

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus